Thursday, August 4, 2011

ini bahaya, jangan ditiru ya Dok =(

Ceritanya saya lagi gandrung baca novel genre komedi,ni. Rajin banget ke Gramedia untuk hunting novel-novel komedi. Beberapa hari yang lalu saya tertarik beli "Kuadrat Cado-Cado" nya  dr. Ferdiriva Hamzah. Baru chapter satu udah ngakak-ngakak. O ya, beberapa bulan yang lalu pun saya sempat gandrung juga nonton dvd Korea Obstetrics and Gynecology Doctors. Kalau di film ini agak sedikit serius dan lumayan tegang. But overall, yang saya ingin share adalah beberapa kejadian yang mencengangkan di dunia kedokteran. Pas buka-buka salah satu situs favorit saya Kaskus, saya nemuin artikel ini. Kurang lebih ini yang mau saya share...

10 Malpraktek Paling Fatal Dalam Sejarah Dunia Medis!!

1. Salah sperma dalam bayi tabung
    Kebayang dong nasib keluarga ini! Terutama anak hasil proses bayi tabung ini. Dia harus menerima kenyataan kalau warna kulitnya berbeda dengan ayah, ibu, dan sang kakak. Yap, dialah Nancy Andrews korban malpraktek itu. Beuhh, gimana rasanya ya?
 

2. Salah cangkok jantung dan paru-paru
    Yang ini lebih afgan lagi! Jesica Santillan, gadis berusia 7 tahun akhirnya meninggal dunia karena sang dokter yang tadinya ingin buat keajaiban dengan aksi cangkok jantung dan paru-paru nya, ternyata mencangkokkan jantung dan paru-paru dari pasien yang golongan darah nya gak sama dengan si malanng Jesica (golongan darah Jesica O, sedangkan sang pendonor bergolongan darah A). Setelah diketahui, dokter Jesica berusaha untuk memperbaiki kesalahannya, tapi terlambat karena Jesica keburu mengalami kerusakan otak.
 

3. Salah operasi testis
    Weeww! bisa dibayangkan nasib Benjamin Houghton setelah dokter ahli bedah salah mengangkat testis kanan veteran Air Vorce itu. Ternyata testis yang terduga kanker itu adalah testis kiri, tapi apa mau dikata akhirnya dokter tersebut salah mengangkat testis yang sehat. Karena kejadian ini, Houghton minta ganti rugi US$ 200.000. (ya iya lah.. gak kebayang tu masa depannya gimana =( )


4. Logam tertinggal d dalam setelah operasi
    Ini lagi ada-ada aja. Bisa-bisanya tim dokter ninggalin logam sepanjang 13 inch di dalam perut Donald Church. Akibatnya kesehatan Donald terganggu beberapa lama setelah operasi itu. Rumah sakit tempat ia dioperasi dituntutnya dengan ganti rugi sebesar US$ 97.000


5. Salah operasi organ
    Kerusuhan terjadi di kamar operasi setelah tim dokter menerima telepon dari dokter spesialis otak yang panik karena pasiennya dibawa ke ruang operasi jantung. Sang dokter otak megatakan bahwa tidak ada yang salah dengan jantungnya. Nahlo! Padahal sang dokter sudah sempat dengan manisnya menggores-gores dada, arteri, alur dalam sebuah tabung dan snaked atas ke dalam hatinya Joan Morris (nama samaran) dengan pisau bedah. FYI, prosedur ini beresiko membuat pasien mengalami pendarahan, infeksi, serangan jantung bahkan stroke.




6. Salah operasi otak sampai 3 kali dalam setahun
    Ya ampuunn!!! Salah operasi kok nagih?! Untuk yang ketiga kalinya pada tahun yang sama, dokter di RS Rhode Island telah mengoperasi salah satu sisi kepala pasien. Kejadian yang terbaru terjadi Nov 23 2007. perempuan 82-an tahun suatu operasi untuk menghentikan pendarahan otak dan tengkorak nya. J neurosurgeon di rumah sakit memulai mengoperasi pengeboran sisi sebelah kanan kepala pasien, meskipun sebuah CT scan menunjukkan perdarahan di sebelah kiri, menurut laporan setempat. Para penduduk melaporkan kesalahan, setelah mana menutup lubang sebelah kiri dari kepala pasien. Pasien tersebut dalam kondisi yang baik pada hari Minggu.
Echoes kasus dari kesalahan yang sama Februari lalu, di mana yang berbeda adalah dokter mengoperasi pada salah satu sisi kepala pasien. Dan terakhir Agustus, pria 86 tahun meninggal tiga minggu setelah seorang ahli bedah di Rumah Sakit Rhode Island mengooperasikan secara tidak sengaja di salah satu samping kepalanya. 



7. Salah amputasi kaki
    Mungkin ini adalah kisah malpraktek paling happening karena tuntutan Willie King, RS Florida dicabut licensi nya selama 6 bulan dan denda US$ 10.000 dan membayar US$ 900.000 dan terakhir tim operasi membayar juga 250.000 US$. Kenapa?! Tim dokter di RS ini salah mengamputasi kaki Willie King. Harusnya kaki yang diamputasi adalah kaki kanan yang dikeluhkannya sakit. Tapi, sang pasien ini panik dan depresi karena ketika sadar malah kaki kirinya yang menghilang. Akibatnya sekarang Willie king hampir dipastikan tidak mempunyai kaki sama sekali karena ia harus rela akan kehilangan kaki kanannya yang sakit




8. Salah mengeluarkan ginjal
    Louis Park mungkin shock ketika tim dokter menyatakan bahwa mereka dengan sukses telah mengambil ginjalnya yang sehat. Padahal setelah diperiksa, tidak ada tanda-tanda tumor atau kanker seperti yang didiagnosis sebelumnya pada ginjal yang sudah dikeluarkan tersebut. 


9. Bangun ketika dioperasi
    Ini adalah kasus malpraktek paling sadis menurut saya. Gimana enggak! Orang sedang dioperasi dan disayat-sayat kok bisa-bisanya biusnya habis dan bangun gitu loh! Yang lebih miris, Sherman Sizemore yang merasakan setiap sayatan dan tindakan yang dilakukan tim dokter ini tidak bisa berbuat apa-apa karena mengalami fenomena kematirasaan kesadaran (haduh! Jadi inget film Awake. *ngeri T_T )




10. Salah bedah jantung
      Dua bulan setelah dua kali operasi bypass jantung yang diduga untuk menyelamatkan hidupnya, komedian dan mantan Pembawa acara Saturday Night Live cast anggota Dana Carvey mendapat berita : ahli bedah jantung yang telah mem bypassed salah artery. Butuh waktu lain operasi darurat untuk menghapus blockage yang mengancam membunuh pria 45 tahun, pelawak dan ayah dua anak. Menuntut US $ 7,5 juta Carvey membawa perkara terhadap rumah sakit tersebut, dengan mengatakan ahli bedah telah melakukan kesalahan fatal “Ini seperti mengeluarkan ginjal yang salah. Ada kesalahan yang besar,” demikian seperti dikutip People Magazine 


 Pesan moral : DO NOT TRY THESE CASE ABOVE IN ANYTIME, ANYWHERE, BY ANYONE!!! Hati-hati ya para dokter dan calon dokter...

4 comments:

Unknown said...

mengerikan sekali, busyet dah [comment ganti donk di tegez.wordpress.com]

Tyanita Puti Marindah said...

ohhoo.. mr parman. siaapp!!!

ismiiameliaa said...

hi, masih inget sama aku??? kemarin km follbek blogku yg http://cruelovemo.blogspot.com.. trus followersnya sempat rusak, km mw kan follbek ulang di http://amel-unyu.blogspot.com makasih :)

Tyanita Puti Marindah said...

oke Princess Amel n_n