Sunday, July 3, 2011

ini itu cinta.. n_n

 Perkara cinta mungkin adalah hal simple buat sebagian orang, tapi belum tentu sebagian lain berpendapat sama. Cinta memang bermakna sangat luas. Saking luas nya kadang kita bingung meng-klasifikasi-kan cinta macam apa yang sedang kita rasakan. Cinta yang paling hakiki jelas cinta kita kepada Tuhan kita. Itu mutlak. Kemutlakan lain juga terjadi ketika kita mencintai keluarga kita terutama Ibu. Semua orang pun pasti mengamini itu. Tapi apa kabar dengan cinta kita terhadap lawan jenis? Well, bahwa cinta tidak memandang status sosial bahkan usia itu pun saya setuju. Cinta itu gak jelas kapan datangnya dan dalam bentuk apa dia datang. Pokoknya tiba-tiba kita merasa jatuh cinta aja. Kalimat pertama yang jadi ciri-ciri umum nya pasti "Gue suka sama dia". That's it. Entah kenapa dan bagaimana bisa suka atau cinta pun kita gak tahu. Well, intinya cinta itu benda abstrak yang ajaib.

Hei, inget gak legenda Sangkuriang dari tanah Sunda, cerita Laila Majnun dari Timur Tengah, Romeo Juliet karya William Shakespeare, atau yang paling membuat saya melting adalah kisah cinta Shah Jahan dan Arjumand Bann Begum dari tanah Hindustan dengan Taj Mahal nya yang sungguh indah dan artistik. Kisah-kisah cinta fenomenal yang membuat kita geleng-geleng kepala atau bahkan sampai mengagumi karena kita anggap keren. Apapun itu setiap kisah cinta mempunyai makna tersendiri yang kadang membuat kita yang jadi penonton jadi ikut "terhanyut" dalam kisah tersebut.

Ekspresi pengungkapan rasa cinta itu pun beragam bentuknya. Saya pernah sempat sampai termehek-mehek ketika ada teman saya yang melangsungkan pernikahan di hadapan ayah nya yang sedang terbaring koma di ruangan ICU. Beberapa jam setelah pernikahan dilangsungkan sang Ayah dinyatakan meninggal oleh tim dokter dalam keadaan tersenyum. Sungguh kejadian itu membuat saya gak sanggup menahan air mata. Ya, mungkin itu salah satu pengungkapan rasa cinta kepada pasangan sekaligus cinta kepada orang tua. Ada lagi kisah yang membuat saya mupeng ketika seorang teman dilamar kekasihnya yang seorang tentara tepat di hari pelantikan kenaikan pangkat kekasihnya itu dengan disaksikan para prajurit dan tamu undangan.

In the end, cinta bisa membuat seseorang bahagia dan sedih pada saat yang bersamaan. Cinta adalah ketika kita rela berkorban demi orang yang kita cintai, mengkhawatirkannya lebih dari kita mengkhawatirkan diri kita sendiri, dan bahagia ketika melihat orang yang kita cintai bahagia bahkan walaupun kita sedih sekalipun.
Kalo saya bilang, cinta itu benda abstrak ajaib yang bisa bikin perasaan kita campur aduk.

6 comments:

ansopiy said...

Cinta, bahasan manusia yang tak pernah ada habisnya. Suka sekali tulisannya..

Perasaan gaya bahasa tulisan kita sama ya? hehe.. *just feeling

AnsopiY

Kang Harjho 35 said...

kata bapak tebe... hehe... cinta itu ibarat kentut, ditahan bikin sakit perut,, dikeluarkan bikin orang jadi ribut....

tapi terlepas dari itu semua, cinta dalam makna yang luas memang perlu kita syukuri, karena cinta adalah anugerah terindah yang Allah berikan pada hamba-hambaNya... :)

Tyanita Puti Marindah said...

bapak ansopiy : yup, gak ada habisnya ngebahas topik cinta. ada aja update nya. hehe.. oya? sama ya? saya sih gak ada style nulis kok. kalo pngn nulis serius ya serius, klo pngn ngelawak ya nulis komedi. hehe

bapak Kang Harjho 35 : "cinta adalah anugerah terindah yang Allah berikan pada hamba-hambaNya". Iya Pak.. setuju saya. n_n

Irma Devi Santika said...

cinta itu spt strawberry.. ada asam dan manisnya. tinggal bgmn cara kita mencari keselarasannya rasa itu..

salam kenal.. ;)

Nik Salsabiila said...

cinta...berjuta makna,,yang pasti..mencintai adalah memberi..dan bukan meminta sebelum saatnya memang telah tiba..
nice mbak...aku tunggu jejaknya di blog aku...^^

Tyanita Puti Marindah said...

mbak Irma Devi Santika : yup bener mbak. kadang berasa dagdigdug sekaligus senang plus sedih. menyenangkan ya.. salam kenal juga mbak =)

mbak nick salsabiila : setunyu mbak nick. justru kalo kita memberi tanpa pamrih kita akan dapat lebih banyak.. tul gak? =D