Saturday, June 25, 2011

Thai movie on the go. film Indonesia???

Yang pertama ada di pikiran saya tentang film Thailand adalah film horor nya yang "aduhai". Sumpah ini negara penghasil film horor se horor-horornya. Film horor Thailand lah yang dengan sukses membuat saya gak nafsu nonton film Thailand. Eiittss, tapi tunggu dulu. Thailand sekarang udah beda. Mereka gak hanya menjual film-film mereka yang udah jadi trade mark penghasil film horor ter-horor (hallahh). Sekarang Thailand lebih "pintar" mengincar pasar terutama anak muda. Lihat aja film-film mereka yang sekarang lebih variatif karena gak lagi ber-genre horor. Sederet film-film remaja seperti Crazy Little Thing Called Love, Hello Stranger, Bangkok Traffic Love Story, dan yang paling baru adalah Suckseed.

Film-film di atas lah yang mengubah paradigma saya tentang industri film Thailand yang dari dulu horor lagi horor lagi. Dan gila nya jalan cerita dan kemasannya gak kalah sama film-film produksi Holywood lho. Film ber genre drama remaja lah yang saat ini paling "in" di banyak negara terutama negara-negara Asia. Liat aja drama Korea yang isi nya drama tentang percintaan remaja. Itu yang paling laris.


Lalu pertanyaan yang muncul adalah "kemana aja film Indonesia?". Well, kalo saya bilang industri film Indonesia sekarang mulai menngalami kemunduran. Kalo gak pocong hamil, beranak dalam kubur, arwah goyang-goyangan lalu apa lagi. Horor lagi horor lagi. Tapi film horor produksi Indonesia entah kenapa bikin saya ilfeel nonton film Indonesia. Bukannya tidak mendukung industri perfilm-an kita atau tidak cinta tanah air, tapi perlu disadari bahwa bangsa ini sedang di"cekoki" hal-hal yang gak masuk akal atau bahkan lebih ekstrim nya bisa terjadi pembodohan massal. Ayolah sineas Indonesia, buatlah film-film yang berkualitas. Gak perlu ekstrim kok, hal yang sesederhana kehidupan sehari-hari pun bisa diangkat jadi sesuatu yang menarik kan? Saya salut dengan karya-karya Miles Production dan Alenia Pictures. Mereka sineas-sineas kebanggaan Indonesia yang memproduksi film-film yang "Indonesia banget". Keren lah pokoknya..

Ayo bangkit perfilman Indonesia.....

8 comments:

emfajar said...

bagus2 ya film thailan non horror ini, tapi saya belom nonton yg judulnya suckseed.. ini bar ya?

Tyanita Puti Marindah said...

yoi jar. bagus2 kok. yg gw suka adalah mereka sering nyelipin budaya mreka d film2 nya. yg gak sengaja lewatin parade2 tradisional lah ato nilai2 budaya mereka.

mana ni film Indonesia? masih mbak kunti sama pak poc aje. hiikkss

Asriani Amir said...

iyah, sepokat saya. klo degr film thai pasti ingatnya horor bin hantu pop. tapi Crazy Little Thing Called Love benar2 lain dari pada yg lain. salam kenal dari accilong. :D

Rin said...

Wah, film thailand horornya seru ya? saya belon pernah nonton.. :'(

Tyanita Puti Marindah said...

Accilong : iya mbak. coba nonton drama thailand lain yang aku sebutin. itu bagus2 semua lho.. =D

Rin : waaa.. film horor thailand itu jempol 10 mbak. hehe. a.k.a nenek buyut nya serem.

Ujang Arnas said...

Wahhh ...
thanks infonya..
:)
sy salah satu penggemar film thailand juga..
pernah nonton SUPERSTARS?

gara2 tuh film,jadi lumayan suka sama film thai :D

Anonymous said...

Makanya, Ti kalo ada film Indonesia yang bagus ditonton donks.
2012 ini banyak film Indonesia yang bagus loooh... dr The Raid, Modus Anomali, Kebun Binantang, sampe Lovely Man... Semuanya dapet pengakuan internasional loooh

Anonymous said...

Makanya Ti, kalo ada film Indonesia yang bagus ditonton donks... kemaren gw ajakin nonton The Raid gak mau...
Taun 2012 ini banyak film Indo yg bagus looh dr The Raid, Modus Anomali, sampe Lovely Man yg semuanya berhasil dpt pengakuan Internasional. Bahkan film Kebun Binatang jadi official selection di Festival Film Berlin loooh... sayang cuma diputer terbatas...